Family Trip Singapore 2012 (Late Post)

Di postingan ini saya akan share pemgalaman trip kami sekeluarga ke Singapore tahun 2012, saat itu anak kami masih dua, Keiko dan Kimi, Keiko umur 5tahun dan Kimi umur 2tahun lebih.


Destinasi utama trip kali ini sebenernya ngajak anak jalan2 ke Universal Studio Singapore dan main ke Ikea, maklum saat itu Ikea indonesia belum ada hehe. Trip berlangsung 4hari 3malam. Konsepnya sih Backpackeran, bukan gaya2an tapi emang budget terbatas juga, jadi sebisa mungkin cari tiket, hotel dan transportasi semurah mungkin.


Persiapan pertama saat itu adalah survey tiket pesawat, hotel, jalur transportasi dan tiket masuk USS. Tiket pesawat pastinya pake Airasia, paling murah. Untuk hotel kami pesen via agoda, kurang lebih seminggu sebelum keberangkatan. Untuk hotel kami cari yang tidak jauh dari stasiun MRT dan juga murah, karena memang diusahakan kemana2 menggunakan MRT atau public bus. Sayangnya ga dapet kalo harga murah deket2 daerah orchard 😁. Satu lagi karena kelamaan order jadinya aelama 3 malam ga bisa di satu hotel, satu malam di le hotel, dua malam sisanya di hotel fragrance, masih dekat sih satu area beda satu jalan aja.


Hotel pertama namanya Le Hotel di Carpenter street deket dengan Stasiun MRT Clarke Quay (sekarang liat di Google Map dibilang udah closed). Hotelnya kecil tapi rapih, bersih dan bangunannya minimalis kayanya relatif baru. Saat itu harga nya sekitar 800-900rb kalo di rupiahin. Hotel yang kedua namaya Fragrance Riverside Hotel tempatnya ga jauh sama Le Hotel tadi beda satu jalan (gang) aja. Harganya lebih mahal sedikti sekitar 900-1juta an pada saat itu. Hotel nya sedikit lebih bagus/mewah walaupun ga begitu besar juga. Kamarnya lebih sempit tapi sudah dapet sarapan buat dua orang, lumayan laaah dapet nasi lemak.

Hari pertama kami habiskan jalan-jalan disekitar hotel saja, jalan ke merlion dan esplanade via furletton, sekalian istirahat dulu lah kan baru sampe juga ke SG. Karena letaknya ga terlalu jauh kami benar-benar jalan dari hotel menuju lokasi, lumayan juga sih capek karena bawa stroller dan panasnya minta ampun.


Hari berikutnya baru kami pergi ke Universal studio (USS). Trip ke USS kami menggunakan MRT, detailnya lupa tapi sempet tarnsit untuk ganti MRT khusus ke sentosa island tempat USS berada, kami memilih weekday dengan harapan ga begitu penuh sehingga jalan2 nya lebih nyaman di USS. Ternyta bener kalo weekday gitu ga begitu penuh, antrian tiket masuk pun ga begitu lama. Tiket masuk USS kalau gak salah sekitar 600rb untuk dewasa, kalo anak2 sekitar setengah dari harga dewasa, mudah2an ga salah, udah lupa soalnya. Tidak lupa juga tentunya bawa stroller buat anak2. Oiya cerita sedikit tentang stroller, stroller ini memang sengaja kami beli buat trip kami ke SG ini, kami pilih stroller double, karena kebayang kalau bawa stroller yang satu kabin pasti bakal repot banget soalnya anak2 kami pasti bakal banyak jalan dan pasti minta gendong kalo ga ada stoller. Tadinya mau bawa stroller dua biji tapi dipikir2 bakal lebih ribet. Tapi konsekuensinya si stroller double ini kalo lagi posisi ga dipake bakal berat banget ni angkat2 nya.

So pasti yang pertama dilakuin pas sampe di USS sih foto di bola dunia yg tersohor itu pasti, nggak afdol kayanya kalo kesitu gak foto. Susah juga ternyata dapet foto yg bagus n bersih soalnya semua orang numplek disana mau foto juga, belum lagi harus minta bantuan orang buat fotoin biar kami berempat bisa masuk di fotonya😉 Jaman itu kayanya belom musim tongsis gan…

Pertama masuk sana takjub banget, maklum di indo theme park paling banter dufan atau taman safari. Bukan nya merendahkan Indonesia, tapi sebaliknya harus nya pemerinta/pengusaha indonesia bisa tergugah lah bikin yang kayak gini di Indonesia, biar turisnya banyak ngabisin uang di negara sendiri gak ke negara lain, ciee omongan nya sok serius lu tong!

Wahana di USS ini sbenernya buanyak banget & kayanya seru2 banget tapi ya lagi2 ternyata beberapa wahana ga cocok sama balita dan banyak yang dilarang juga buat balita. Justru wahana2 yang seru kaya Transformer, Mummy Return & Lost World ga bisa kita masukin karena gak mungkin juga ninggalin anak trus gw masuk sendiri ke wahana. Rata2 wahana yang tadi itu ngantirnya juga 1jam, jadi males juga. Alhasil kita cuman masuk ke wahana yang kids friendly, kayak 4D shrek, Madagascar, Waterworld sama beberapa wahana2 kecil yg lupa detailnya. Tapi diluar wahana banyak juga spot2 menarik and hiburan2 yang disuguhin yg bisa dinikmati anak2. Apalagi theme park nya memang bervariasi dan kualitas nya emang bagus banget.

Kendalanya ngajak anak balita jalan2 di tempat seperti itu memang berat bos, harus bisa2 nya kita menjaga mood nya mereka, ditambah lagi disana panas nya warbiasa makin tambah bikin anak2 cepet capek. Tapi so far kami puaslah sama berharap bisa kesini lagi saat anak2 sudah agak lebih besar sehingga bisa coba semua wahana yang ada disini, atau jangan2 pas anak2 udah besar udah ada Universal Studio di Indonesia, Amiiin…

Setelah seharian di USS pulangnya kami menemukan kolam dangkal di daerah Sentosa Broadwalk, wah udah kebayang anak2 pasti udah pengen main air disitu, apalagi pas disitu ada beberapa anak & keluarga lagi main air disitu. Awalnya kami ragu karena emang ada bewara “no swimming” disitu tapi karena yang lain juga ternyata cuek bebek aja akhirnya kami malah ikutan juga main air disitu, yang awalnya cuman rendem2 kaki doang sampe beneran guling2an di air. Kalo liat dari ekpsresi mukanya anak2 sih kayanya mereka lebih seneng main air disini ketimbang pas di dalem USS hahaaaa…

Hari berikutnya kami sengaja jalan2 ke IKEA, seperti yang tadi udah dibilang maklum lah di Indoensia saat itu belum ada. Di hari terkahir itu kami memang tidak menjadwalkan tempat lain selain ke Ikea, karena memang sore itu harus ada di bandara dan balik ke Jakarta. Kami menuju ikea dari hotel menggunakan MRT seperti biasa, namun memang harus transit dan tambah jalan agak jauh lumayan dari stasiun terakhir ke ikea nya, cape sih nggak cuman panasnya aja sekali lagi yang bikin keringetan. Sampe di ikea lumayan seru abrang nya lucu2 trus ada tempat anak2 main juga jadi betah deh tu bocah2. Nah pas pulang dari ikea ke arah hotel kita putuskan mau coba pakai public bus, ternyata ada bis yang sekali jalan dari ikea langsung turun di stasiun mrt dekat hotel, yaaaah tau gitu pas berangkat tadi naik bis, gak cape2 transit mrt n gak jalan fiuuh…

so far trip keluarga kali ini lumayan berkesan bagi kami, tapi sayangnya anak2 kami sekarang kalo ditanya udah ga inget ruh pernah jalan2 ke SG, entah emang kara masih kecil banget jadi ga inget ato emang ga berkesan buat mereka hahaaa…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s