BASIC APPS (iPhone 3G, iOS4.0)

Pada iDevices OS (iOS) pada iPhone, iPod Touch maupun iPad akan terinstall beberapa basic applikasi (apps) yang sudah tidak perlu kita download/install pada saat kita membeli perangkat tersebut. Jenis dan jumlah default application nya tergantung dengan versi dari firmware IOS yg tertanam dan jenis idivices nya. Banyak pengguna iDevices khusunya iPhone yg mengira Apple itu ribet nggak user friendly dsb maka dari itu saat ini saya coba mereview singkat Basic apps atau Default apps yg tertanam pada iPhone 3G iOS4.0, semoga benar dan bermanfaat…

Home Screen

Pada Homescreen terdapat 4×4 applikasi template plus 1×4 dock dibagian bawahnya. Terdapat 11 pages after home screen yang masing2 bisa di isi oleh 16 applikasi per page nya, namun jika kita menggunakan folder pada apps (folder hanya terdapat pada iOS 4.0 ke atas), kita bisa mengelompokkan maximum 12 applikasi pada tiap folder. jadi 1 page bisa diisi 12×16 applikasi wooow… Pada home screen terdapat juga Signal and Operator info, Connection type (3G, GPRS or Wifi), Clock, Battery indicator dan lain2.

Phone

Pada Applikasi Phone di iPhone tidak ada yg special dinbanding Smartphone lainnya, virtual touchscreen keyboard, link to contact, favorite recent call dan voicemail. Tampilan nya sangat apple sekali modern minmalist tp effektif. Pada submenu keypad ini kita bisa menekan tanda (+) atau huruf sekali pun dengan menekan agak lama pada keypadnya.

SMS

SMS standart pada iphone berupa bubble text seperti model chatting, kalo menurut saya ada positif dan negatifnya. kelebihan nya kita bisa melhat detail percakapan sms kita secara lengkap sesuai urutan waktunya, minus nya kita terbawa dengan sms yg singkat karena auranya chat jadi jumlah kata dari sekali pengiriman sms kurang efecktif intinya terdorong untuk lebih banyak sms😉 kelebihan nya juga pengiriman mms (pictures) bisa lanngsung dari menu sms tanpa penagturan lain lagi, selain settingan mms aktif di setting menu. Menu sms ini bisa kita applikasikan pada potrait n landscape mode, jadi yg membutuhkan keypad yg lebih besar atau keperluan untuk mengetik paesan yg cukup banyak bisa rotate idevices kita pada mode landscape otomatis menu keypad mengikuti.

Safari

Safari merupakan dafault iphone web browser, penggunaan nya cukup user friendly dan simple. Sebenarnya banyak apps lain yg bisa digunakan pada iphone untuk web browser, contohnya opera mini, saya juga sempet download opera mini for iphone tp pada kenyataan nya tetep safari yg lebih banyak saya gunakan di iphone untuk browsing. Salah satu kelebihan safari di iphone ini dia akan memberikan langsung link yg kita pilih ke dalam applikasi default yg ada pada iphone salah satunya youtube. jadi jika kita klik salah satu link youtube pada safari maka akan langsung menuju youtube apps pada iphone, terintegrasi secara baik.

iPod

iPod merupakan spesialisi default music and video player untuk Apple. Pada iPone applikasi unutk music and video player dijadikan satu pada ipod application, berbeda dengan ipod touch ipod dibagi dua jadi icon Music and Video. Terdapat catagories by Album, Song, Artist dan Playlist, saat ini kita bisa create langsung playlist pada iphone secara langsung. feature lain adalah Genius Playslist, dimana kita bisa meng create playlist dari satu lagu reference berdasar parameter info tertentu, dengan syarat genius sudah diaktifkan dan info pada tipa lagu cukup lengkap. Pada iPod ini terdapat dua mode yaitu potrait and landscape pada landscape mode akan terlihat coverflow features seperti yg dapat kita jumpai pada iTunes for PC. Yang menarik lagi adanya lyric yg bisa ditampilkan langsung pada iphone tp sayang hanya bisa pada potrait mode dan tidak bisa sperti model mini lyric pada PC (seperti running text). Music kita copy ke iphone dengan syncronizing melalui iTunes di PC, tidak bisa copy-paste seperti music palyer lainnya sama halnya jika kita mau mengcopy music dari iphone ke PC atau ke music palyer lain tidak bisa dilakukan, hal ini apple buat untuk meminimalisasi pembajakan music.

Photo

Applikasi photonya sangat simple berupa thumbnail pada general view nya, sedangkan tampilan per photo bisa automatic potrait atau landsape. untuk menuju next or previous photo hanya dengan slide our finger on it. Copy photo dari PC ke iphone hanya bisa dilakukan via iTunes, sama seperti music. Folder pada Photo apps otomati menyesuaikan folder atau subfolder pada PC yg kita syncronized. Terdapat juga features copy-paste, email, MMS photo, slide show langsung dari apps photo ini bisa juga kita view by places category dimana photo ini kita ambil (geo tagging) tp pengalaman saya posisinya kadang tidak sesuai dengan koordinat sesungguhnya.

Camera

Pada kamera iphone 3G defaultnya adalah hanya untuk mengcapture photo, tp kita bisa mengaktifkan video recorder pada iphone 3G dengan menggunakan applikasi tertentu atau Jailbreak😉. Tampilan nya sekali lagi sangat sederhana hanya layar dengan bukaan apperture, seperti halnya gambaran kamera jadul dengan thumbnail captured photo and shutter button. Selain itu kita bisa mengaktifkan zooming dengan mengklik layar pada saat kita mau mengambil gambar maka akan muncul slider untuk zooming nya.

iBooks

Ini merupakan features baru dari IOS4.0 ke atas, awalnya hanya terdapat pada iPad sekarang sudah bisa dipakai di iphone dan ipod touch. Tampilan nya sangat classic berupa rak buku kayu yg diisi dengan cover2 buku didalam nya. File yg bisa dibaca via iBooks ini bisa berupa pdf atau epud, viewernya bisa seperti ebook reader lainya yg menampilkan seolah halaman buku sedang dibuka, cukup manis. Tp memang iBooks di iphone agak kurang optimal karena size dari screen nya yg memang hanya 3.5 inch, kurang nyaman untuk membaca, berbeda dengan 10 inch nya iPad. Terdapat juga zoom mode, day/night mode dll.

Maps

Pada iPhone ini juga terdapat default map application, sama halnya seperti google map pada smartphone lain, kita bisa mengetahui current position, get direction, satelite, hybrid map. Namun menurut pendapat saya map default ini agak kurang bagus untuk navigasi daerah lokal, misalnya jakarta atau bandung navigation, place of interestnya kurang lengkap, misalnya kita kita search nama tempat atau jalan masih belum bisa tampil secara lengkap. Mungkin karena kita tidak bisa mengupdate map yg sudah default ini dengan places, map baru. maka dari itu untuk navigasi detail khususnya navigasi berkendara saya lebih memilih applikasi lain yg bisa kita download seperti Papago dan Sygic.

Youtube

Applikasi streaming youtube langsung via iphone, bukan mobile version lho… ini salah satu applikasi favorit apalagi kalo cari video2 kartun untuk anak. walaupuun defaultnya tidak bisa mendownload langsung via apps ini tp denagn yourtube dari cydia kita bisa download video youtube langsung dari iphone, baik yang HD maupun standart quality, cool…

Calculator

Calculator pada iphone sangat menarik, jika pada potrait mode kita akan jumpai standart features seperti pada standart kalkulator dagang, namun jika kita rotate iphone pada posisi landscape kita akan menemukan features scientific calculator yang lumayan cihuy…

Apps Store and iTunes

Ini merupakan applikasi dimana kita bisa mendownload semua applikasi, music, video, podcast dll baik yang free maupun berbayar milik apple yg terintegrasi secara online dengan baik. kita bisa melihat berdasar category, top apps nya. Untuk bisa bertransaksi disini kita harus menggunakan apple id yang sebelum nya harus kita create pada saat aktifasi iphone, registrasi sama halnya jika kita membuat account email atau jejaring social.

Clock

Applikasi Jam pada iphone merupakan jam standart pada smartphone lainnya, ada menu clock, alarm, stopwatch dan timer. Saya banyak menggunakan ini untuk alarm dan conversi world clock, misal kita mau melihat jika di daerah sini pukul sekian maka di negara lain pukul berapa, standart kan? hehehee.

Settings

Untuk lainnya ada Setting untuk melihat settingan dan mengatur iphone kita segala hal setting dari apps maupun standart setting bisa kita lakukan disini dan beberapa apps bawaan lain seperti Weather, Stocks dan Voice memos yg jarang saya pakai karena utilities nya kurang bagi saya, walaupun saya pernah pake juga makanya beberpa apps yg jarang saya pakai saya jadikan satu folder, untuk membuat folder sangat mudah dan menarik hanya dengan menekan agak lama salah satu apps sampai goyang2 lalu drag saja hingga menabrak salah satu apps lain hingga bergabung dalam satu folder yg bisa kita custumze nama foldernya.

Weather

Voice Memos

Stocks

Sekian dulu review singkat mengenai iPhone 3G and Basic Application nya semoga nggak kepanjangan dan bisa membantu khususnya buat newbie sperti saya😉

3 thoughts on “BASIC APPS (iPhone 3G, iOS4.0)

    • Papago itu applikasi GPS, jadi penggunaan nya sama handheld GPS, kayak garmin dll
      kalo udah install, install papago yg indonesia kan? papago app iphone ada beberapa versi sesuai map negaranya.

      cara pake nya bisa sebagai guide klo kita berkendara, atau mau tau lokasi kita saat itu.
      saya sih biasa pake kalo lagi di mobil/motor cari jalan dr posisi kita sekarang ke daerah tujuan yg jalan nya kita belum tau jelas

      cara search tempat tujuan ada dua, yg pertama POI (point of interest) dan street name.
      masuk aja menu terus search tujuan kemudian Go, start navigation.

      mudah2an membantu…

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s