iPhone 3G (Mini Review)

mulai dari mana yaaa…

iPhone, Apple, Mac, MacOS kayanya hal yang sangat2 jarang saya sentuh/ikuti sebelum diracunin temen sebelah kost an waktu pertama kerja 4 tahun yang lalu. Bermula dengan MacBook yg baru dia beli. Dia sering mempertontonkan kecanggihan MacBooknya dibanding Laptop2 lain pada umumnya. Dari situ saya mulai ‘ngeuh’ sedikit2 tentang hebatnya Apple sebagai brand. Lama2 saya mulai melirik iphone dan ipod touch yg pada saat itu masih baru, khususnya di indonesia. Waktu itu bermimpi banget untuk bisa punya iPhone (generasi pertama) yg harganya mahal menurut saya padaa saat itu, iphone generasi pertama 8Gb harganya (bekas) antara 5 jutaan kalo tidak salah dan itu sangat tidak masuk dalam perhitungan ekonomis saya. Akhirnya muncul iphone 3G (generasi kedua iPhone) di Indonesia dibawa oleh Telkomsel. Sempet ikut pre order di web nya telkomsel, tp kecew berat setelah harga bundling nya sangat jauh dari harga perkiraan dan pastinya budget ;( Karena hampir putus asa (lebay) akhirnya diputuskan untuk membatalkan membeli iphone dan beralih ke iPod Touch, pada saat itu baru keluar ipod touch 2nd Generation yg harganya masih cukup mahal 2.9 juta. Wooow…  takjub banget saya dengan iPod Touch (my first apple Gadget), walaupun pada awalnya sempet ribet.

Awalnya cukup puas dengan keberadaan iPod Touch (iTouch) ditangan, gadget yg cukup powerfull, untuk music player, internet connection, mobile computer dll. Namun seiring racun yg bertubi2 dari luar dan keinginan memiliki iPhone yg belum sirna ditambah dengan tidak adanya built-in 3G connection pada iTouch membuat saya semakin ingin memiliki iPhone. Setelah searching2 dan meninmbang2 cukup lama akhirnya saya memutuskan membeli iPhone 3G  bekas dengan harga 3.5 juta (pada saat itu sudah ada iPhone 3GS), cukup murah untuk sebuah iPhone. dari segi Operating system nya sih tidak berbeda dengan iTouch keduanya mengusung iOS hanya peranti hardwarenya saja ada tambahan simcard tentunya dan built-in GPS pada iphone 3G keatas, otomatis applikasinya pun bisa lebih bervariasi sedikit.

Lalu kenapa pilihan saya waktu itu jatuh ke iphone 3G, bukan 3Gs? selain harga tentunya tp sebenernya perbedaan 3G dan 3Gs tidak terlalu signifikan processor dan video recording. tapi dengan Jailbreak process video recording bisa kita aktifkan pada 3G, atau menggunakan applikasi berbayar tentunya. Masalah processor emang tidak bisa diakali  ya memang agak sedikit lebih lambat dibanding 3Gs tapi ya sesuai lah dengan harga😉 so it’s your personal choices lah…

iPhone mungkin bukan best smartphone tp menrut saya yaa iphone lah yg paling menarik secara overall. Dari design, feature, application support semuanya menarik bagi saya. Design cantik dan fitur full touch screen mode (bukan push screen lho ya, seperti kebanyakan smartphone pada saat itu) menjadi daya tarik utama bagi para newbie seperti saya tampaknya. Apalagi tampilan icon2 lucu dan colorfull pada masing2 applikasinya membuat mata penasaran ingin tau. O iya yg paling bagus di iPhone adalah intgrated system di dalam nya, semua hal pada iphone sudah didesign dengan pemikiran yg matang dan tidak asal2an, misal applikasi dan app store nya, tidak seperti devices lain yang menjanjikan banyak aplikasi untuk smartphone nya tp kita susah mencari applikasi nya. Banyak applikasi umum yg di develop khusus untuk iphone, misal YM, Facebook, Twitter, WordPress serta macam2 games tentunya, semua itu fix dengan iphone dan bukan sekedar mobile version.

nah gara2 punya ipod touch n iphone jadi mulai kecanduan deh produk2 apple lain nya kayak iMac, iPad dan pastinya iPhone 4 arrgghhhh racuuuuuuuuuuuuuuuuun….

makanya saran saya kalo ga mau keracunan n kecanduan jangan beli deh heheheeee…

Leave a Reply

