Jakarta, Bis dan Kondektur…

Gimana yaaa…

pondok-in1

Sebagai pemakai Bis Kota setiap hari di jakarta ini, wajar ga sih kalo kita berharap mendapat pelayanan/fasilitas yang bagus n nyaman dalam perjalanan. Saya yakin ini bukan ganjelan di benak saya saja, tp mungkin ato pasti mewakili hampir sebagian besar penduduk jakarta khususnya pengguna kendaraan umum, ga melulu pengguna bis kota saya kira, mungkin pengguna jasa kereta, transjakarta, dll…

Kadang miris siih ngeliat kondisi fasilitas transportasi di ibukota kita ini. Menurut saya sih, menurut saya lho, belum ada yang terasa nyaman dan manusiawi. Tapi kalao ga nyaman kok bis kota selalu penuh dan jadi primadona masyarakat jakarta?! yaaa… itu kan karena mereka terpaksa naik bis itu, ga ada pilihan lain tho?! pantes aja bis nya penuh. Ditambah lagi ulah supir, kenek n calo yang selalu memaksimalkan bis itu sendiri, kalo belum ada yang berdiri desek2an yaa artinya belum penuh…

Sempet ada optimisme dibenak saya saat mulai munculnya Transjakarta ato yg banyak orang bilang Busway (padahal busway kan nama jalurnya ya?!), ini mungkin awal mula kebangkitan transportasi indonesia khususnya di jakarta. Tp harapan saya lama2 mulai pudar kalo melihat kondisi Transjakarta sekarang, yang paling terlihat adalah kondisi bisnya itu sendiri yang kayanya perawatan nya kurang dan yang pasti jumlah nya yang ga sepadan dengan pengguna nya.

Satu lagi hal yng bikin saya berharap dengan munculnya beberapa bis kota baru (benar2 baru) dari beberapa rute, contohnya P77 and P6 mayasari bhakti, wuah walaupun mobilnya keren tp tetep ga pake AC, kalo gw pikir sih harusnya AC di bis kota tuh udah jadi standart lah, secara di jakarta tau sendiri cuaca nya summer all years, apalagi kalo udah dempet2an dalem bis, wuaaa tersiksa bgt rasanya (itung2 sauna gratis bo!).

transjakarta

P6

kalo dibanding negara tetangga kita (singapore, malaysia) harus dengan terpaksa saya akui, transportasi mereka jauh lebih baik dibanding disini. Hampir semua bis kota pake AC, subway, monorail kayanya udah jadi transportasi yang cukup nyaman disana. saya yakin indonesia akan sperti itu atau lebih baik nantinya (iya! tp kapaaaan?!) Ya we’ll see dech. Tapi jujur sebenernya salut saya sama pemerintah yang mencanangkan Transjakarta di kota kita ini, tp mohon pengembangan nya ditingkatkan agar supaya transportasi kita bisa lebih nyaman dan manusiawi…

Leave a Reply

